kantor2

6 Hal Penting Diare Akut Pada Anak

Diare merupakan gangguan kesehatan yang sering kali terjadi pada anak oleh karena itu perlu kiranya sahabat untuk mengetahui ha-hal prinsipil yang perlu diketahu jika anak mengalami diare. Berikut ini saya postingkan 5 hal penting diare akut pada anak.

  1. Kebanyakan episode diare akut hilang dengan sendirinya, namun, pertolongan medis segera harus dicari untuk anak yang memiliki salah satu dari berikut : diare berdarah; tanda-tanda dehidrasi sedang sampai parah; menolak makan atau minum apa pun; sakit perut yang datang dan pergi atau makin parah, perubahan perilaku, termasuk kelesuan atau menurun respons/kesadaran.
  2. Penyebab paling umum dari diare akut adalah infeksi virus. Penyebab lainnya adalah infeksi bakteri, efek samping penggunaan antibiotik, dan infeksi tubuh lainnya yang tidak berhubungan dengan sistem gastrointestinal (GI).
  3. Anak-anak yang tidak mengalami dehidrasi harus terus tetap makan/diet yang biasa mereka makan. Anak-anak yang dehidrasi harus direhidrasi, setelah itu mereka dapat melanjutkan diet normal mereka (mungkin dengan beberapa modifikasi). Anak-anak yang sedang menyusui harus terus diberi ASI kecuali diberitahu sebaliknya oleh dokter.
  4. Terapi rehidrasi oral (ORT) harus segera diberikan kepada anak-anak yang mengalami dehidrasi. Tanda-tanda umum dan gejala dari dehidrasi termasuk buang air kecil menurun (kurang dari satu popok basah atau kekosongan dalam enam jam), kurangnya air mata ketika menangis, mulut kering, mata cekung, dan penurunan berat badan. ORT dapat dibeli di toko grosir dan apotek di tanpa resep (mis;oralit)
  5. Obat-obatan seperti antibiotik dan agen anti-diare umumnya tidak dianjurkan untuk bayi atau anak-anak dengan diare. 
  6. Orang tua dengan anak yang mengalami diare harus berhati-hati untuk menghindari penyebaran infeksi kepada diri mereka sendiri, keluarga, teman, dan lainnya. Mencuci tangan, mengganti popok, dan biarkan anak yang sakit tidak masuk sekolah/ tempat penitipan anak.
Demikian semoga bermanfaat..
Photobucket

Artikel Terkait:


4 comments

08/02/12, 20.40

Thanks info-na mas...anakku IFA pernah terkena diare, mgkin dari makanan/minuman yg tercemar, intinya mah harus sll menjaga kebersihan ya..oiya link intensifer sudah terpasang di link sahabat rumah kaifa..

09/02/12, 22.03

Terimakasih infonya kawan... Penting nih.
Btw, penyakit satu ini suka bikin lemes emang, jangankan anak2, org dewasa juga tak berdaya :)

10/02/12, 11.42

@KAIFAbetul sekali mas, karena anak-anak daya tahan tubuhnya masih dalam tahap perkembangan jadinya rentan sekali untuk terkena diare, apalagi masa-masa fase oral dimana anak senang memasukkan apapun ke mulutnya. makasih link backnya mas...

10/02/12, 11.47

@Lensabetul sahabat, lemes adalah sinyal bahwa kita kekurangan cairan. segera banyak minum klo kita terkena diare jangan sampe dehidrasi :) semoga kita sehat selalu...

Posting Komentar

 
intensifer © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work